Jam Kerja

Senin sampai jumat, jam 06.00 — 21.00

Alamat

Jl. Bambu Kuning Kav.23A, Bekasi Timur, 17114 Indonesia

Kontak dan Informasi

(021) 82435888

Tips Memilih Lantai Untuk Ruangan Agar Terlihat Bersih dan Higienis

Apakah kamu menginginkan lantai yang benar-benar bersih dan higenis untuk ruang produksi cleanroom atau control room? jika melihat dari faktor penggunaan ruangan yang memiliki aktifitas tinggi faktor peraturan perundangan yang mengharuskan keselamatan dalam bekerja dan faktor lokasi yang digunakan untuk produksi maka tips memilih lantai untuk ruangan berikut adalah hal yang tepat untuk disimak.


Pelapis lantai yang baru akan diperlukan untuk melindungi lantai dari tumpahan bahan kimia atau pelarut atau risiko kontaminasi lainnya. Aktifitas ruangan yang tinggi juga mengharuskan lantai harus menggunakan Listrik Statis & Electrostatic Discharge (ESD) untuk mengontrol pelepasan statis.

Tips Memilih Lantai

Jasa pelapis lantai yang profesional bisa membantu proses penentuan spesifikasi dan biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai detail permukaan yang akan dilapisi cat pelapis lantai sebelum memberikan rekomendasi bahan apa yang digunakan, baru setelah itu akan lanjut ke tahap desain. (Baca Juga: Seberapa Penting Epoxy Lantai Untuk Dunia Industri?)

Pertimbangan utama mengapa menggunakan pelapis lantai adalah perlunya persyaratan pada proyek setiap industri seperti persyaratan operasional dan pemeliharaan, pemasangan dan estetika – semuanya sangat diperlukan guna memenuhi langkah-langkah ketat yang digunakan untuk mengontrol segala hal agar sesuai dengan standar ISO ultra-bersih.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang biasa diajukan untuk semua klien kami yang berada pada industri bidang kesehatan dan farmasi.

Syarat Ketat Kebersihan Lokasi

Untuk menghilangkan spora di udara dan untuk membunuh kuman, industri farmasi cenderung akan mengasapi untuk mengontrol kontaminasi mikroba di area khusus.

Aktifitas Pembersihan ini akan lebih cocok pada pelapis lantai dan vinil tertentu. Sistem epoxy dan polyurethane akan selalu direkomendasikan untuk jenis proyek ini karena akan lebih tahan lama dan lebih mampu menahan kekuatan lantai saat kegiatan pembersihan tersebut dilakukan.

Ketahanan Terhadap Bahan Kimia

Pada banyak area, kemungkinan besar lantai tidak harus tahan terhadap bahan kimia, tetapi pasti akan ada area yang sangat penting yang memerlukan pelapis lantai yang tahan terhadap bahan kimia.

Larutan kaustik untuk CIP dan solvent dapat secara aktif merusak lantai resin berbahan standar, oleh karena itu penting untuk melihat bahan apa saja yang biasanya terpapar – serta konsentrasi dan suhunya – sehingga tingkat perlindungan baru dapat ditentukan. Banyak dari produk kami yang juga bisa diaplikasikan pada permukaan fiberglass, yang dapat memberikan perlindungan benturan ekstra jika diperlukan.

Setiap pelapis lantai di cleanroom dan area pengendalian juga harus sesuai dengan standar praktik manufaktur yang terbaik saat Ini dan dipasang menggunakan Senyawa Organik Volatile (VOC) yang rendah.

Setiap lokasi industri yang terbaik saat ini adalah bagaimana memastikan bahwa fasilitas yang ada sesuai dengan tujuan dan meminimalisir risiko terhadap kegiatan operasi atau produksi.

Permukaan Yang Rata dan Mulus

Apakah meratakan lantai dengan hanya ditambal atau dicat ulang sudah cukup? permukaan lantai yang rusak dan diperbaiki dengan cara ditambal atau dicat ulang dengan pelapis biasa tidak akan bertahan lama dan akan mudah rusak kembali. Namun, dengan menggunakan sistem “injeksi Epoxy” dan semua permukaan lantai yang retak dilapisi lapisan cat pelapis yang sesuai, maka kami bisa membuat lantai yang menjadi rata dan lebih awet ketimbang hanya dengan tambalan biasa.

Memperbaiki tambalan atau keretakan akan meminimalisir rusaknya lantai karena aktifitas yang tinggi dan yang sangat penting adalah bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada lantai tersebut.

Pastikan bahwa setiap permukaan lantai harus rata dan mulus serta memiliki pelapis lantai yang sesuai agar mencegah infeksi bakteri yang dapat merusak permukaan lantai kamu.

Apakah Lantai ESD Diperlukan?

Permukaan lantai ESD atau lantai anti listrik statis bisa mengurangi dampak dari bahaya statis. Electrostatic Discharge (ESD) dapat menimbulkan bahaya di tempat kamu bekerja.  Lantai ESD biasanya memiliki bahan konduktif yang mengandung listrik statis dan berguna untuk grounding dan mengurangi dampak dari potensi statis. Lantai ESD juga direkomendasikan untuk diaplikasikan pada area yang dimana pada lokasi tersebut terdapat bahan yang gampang terbakar.
Lantai ESD juga cocok di gunakan di: industri kesehatan, area yang memiliki banyak alat elektronik, kimia atau industri farmasi, dan semua area yang disana terdapat gas atau bahan yang gampang terbakar.

Lantai Anti Slip?

Kamu pasti tidak ingin terpeleset kan di tempat kamu bekerja, jadi pastikan kamu gunakan lantai anti slip pada area-area yang menurut kamu sering lembab atau terkena cairan.

Cat anti slip dapat diproduksi dan diaplikasikan sebagai pelapis akhir dan tekstur yang dibuat dapat membantu mengurangi licin dan meningkatkan traksi. Tidak diragukan lagi bahwa sangat penting untuk kita agar dapat melindungi karyawan, pelanggan, dan pengunjung dari resiko terpeleset.

Keindahan Lantai

Dalam memilih lantai kamu tidak terbatas dalam hal memilih warna, dekorasi atau motif lantai dan mendapatkan permukaan lantai yang steril saja. Pilih produk atau penyedia jasa yang dapat menawarkan pilihan yang cukup luas untuk memenuhi setiap permintaan estetika kamu dan yang sangat terpenting, semua spesifikasi yang dibutuhkan sudah tercover oleh produk tersebut.

Solusi Drainase Komplementer?

Kami selalu merekomendasikan untuk melengkapi sistem lantai steril dengan selokan baja tahan karat yang cocok untuk industri farmasi dan solusi drainase dari produsen terkemuka dan berpengalaman. Idealnya, bekerja sama dengan pemasok yang menawarkan produk yang diproduksi secara khusus dan sesuai dengan metode kebersihan yang digunakan sangat perlu untuk kamu pertimbangkan.

Sistem drainase tingkat farmasi harus memberikan lapisan yang tertutup rapat dan dapat dibuka saat dibutuhkan – yang mungkin tidak dapat langsung dialirkan, sehingga dapat dibersihkan atau disterilkan.

Kualitas dan Sertifikasi

Hal lain yang harus dicari adalah aplikator atau kontraktor yang mematuhi semua standar kesehatan dan keselamatan yang diperlukan untuk proyek sektor publik dan swasta. Penyedia jasa yang baik juga perlu berpengalaman dalam mengelola proyek lantai dalam kondisi area kerja yang aktifitasnya tinggi. Penyedia jasa tersebut juga harus dapat menggunakan waktu stop produksi dengan maksimal seperti bekerja di akhir pekan, malam hari, dan selama penutupan. Dan dengan menggunakan pelapis lantai terbaru yang cepat kering dan anti noda, maka akan memungkinkan untuk kembali ke kondisi kerja normal dengan lebih cepat dan hemat biaya, tanpa ada gangguan.

Itulah beberapa tips memilih lantai untuk ruangan area kerja kita. Kami dari Ezzer juga menyediakan jasa konsultasi pemilihan lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan area kerja kamu dengan cara kontak kami melalui whatsapp di 081211001200 atau kunjungi halaman Form Kontak dan isi form yang tersedia, nanti tim kami akan langsung follow up 24/7. Terima kasih

Need Help? Chat with us