Apa itu Epoxy Anti Static?

Epoxy anti static jadi salah satu wujud proteksi pada permukaan lantai beton. Bahan ini berasal dari resin kimia yang banyak digunakan di bermacam bidang industri. Paling utama untuk yang banyak mengoperasikan perlengkapan berat di atas permukaan lantai pabrik.

Cocok dengan namanya, tipe epoxy ini berhubungan dengan listrik statis di sesuatu bidang. Pemakaian epoxy pada permukaan lantai sangat berarti dicoba buat meminimalisir musibah kerja. Buat lebih jelasnya, ikuti ulasannya di dasar ini.

Epoxy Anti Static

Epoxy lantai anti static merupakan bahan resin yang digunakan buat mengendalikan watak anti statis pada posisi industri ataupun penciptaan. Perihal ini butuh diterapkan buat tingkatkan aspek keselamatan untuk pekerja.

Epoxy Anti Static

Bila Kamu memerlukan keadaan anti static yang mumpuni buat lantai tempat usaha kamu, maka epoxy tipe ini merupakan opsi yang paling pas. Pembuatan anti static dapat dicoba sehabis proses instalasi konduktor listrik. Sebaliknya buat merapikannya, digunakan teknologi static flooring.

Kondisi ini menghasilkan tampilan permukaan lantai jadi bersih, apik, indah, serta pastinya nyaman. Tidak heran bila epoxy lantai anti static ini akan dapat berperan buat menaikkan estetika tempat usaha kamu.

Keunggulan Epoxy Anti Static

Epoxy yang merupakan resin kimia ini memiliki sejumlah keunggulan yang bisa didapatkan. Tidak hanya membuat lapisan lantai lebih aman, penggunaan epoxy ini juga membuat lantai lebih menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan yang bisa didapatkan dari epoxy lantai anti static:

  • Faktor Keamanan

Faktor keselamatan kerja bisa ditingkatkan dengan mengaplikasikan anti static epoxy pada lantai atau dinding pabrik. Tidak hanya bagi personel kerja itu sendiri, melainkan untuk tamu yang datang berkunjung.

Memberikan kontrol statis yang baik akan meminimalisir potensi kecelakaan kerja. Terutama yang diakibatkan karena adanya muatan listrik statis di permukaan lantai.

  • Mencegah Bencana Kebakaran

Percikan api cukup berbahaya dan rentan terjadi di lingkungan kerja. Kondisi ini kerap kali terjadi karena dua benda bergesekan. Selain itu, bisa juga karena material yang mengandung elektron yang tidak seimbang di kondisi tertentu.

Ketidakseimbangan tersebut bisa menjadi faktor timbulnya percikan api. Jika dibiarkan, hal ini bisa menjadi penyebab timbulnya ledakan atau kebakaran.

  • Durabilitas Tinggi

Epoxy jenis ini memiliki daya tahan beban yang mumpuni. Permukaan lantai jadi tidak mudah retak atau rusak akibat beban berlebih. Oleh karena itu, epoxy ini bisa menjadi pilihan untuk dinding dan lantai yang awet.

  • Tingkat Porositas yang Rendah

Lantai yang sudah dilapisi epoxy coating jenis ini memiliki porositas yang lebih rendah. Hal ini karena noda dan kotoran yang berada di permukaan lantai tidak langsung meresap.

  • Fleksibilitas Warna

Pilihan warna yang beragam menjadi keunggulan berikutnya dari epoxy lantai anti static. Dengan demikian, resin pelapis lantai ini tidak hanya dapat melindungi permukaan lantai dengan baik, melainkan juga memiliki fungsi dekoratif yang dapat memperindah tampilan lantai.

Alasan Perlunya Epoxy Anti Static di Area Industri

Suatu area industri membutuhkan kontrol statis yang baik sebagai bentuk perlindungan terhadap pegawai. Mungkin Anda pernah mendengar kecelakaan tenaga kerja akibat tersengat listrik. Hal ini bisa jadi karena kontrol statis permukaan lantai beton yang buruk.

Selain itu, diperlukan lapisan resin yang pas untuk mengatasi ketidakseimbangan elektron suatu benda. Dengan demikian, kecelakaan kerja akibat ledakan bisa diminimalisir. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasikan permukaan lantai dengan anti static epoxy ini.

Tahapan Pengerjaan Epoxy Anti Static

  • Survey

Tahap pertama pengerjaan epoxy lantai static adalah melakukan survei lapangan. Area tempat Anda harus dilihat terlebih dahulu untuk menentukan metode yang tepat dalam pengecatan epoxy. Selain itu, nantinya juga akan ditentukan sistem pengaplikasian anti static epoxy flooring yang sesuai.

  • Persiapan

Sebelum dilapisi epoxy jenis ini, lantai harus dipersiapkan dengan baik. Tahapan ini dilakukan dengan menghilangkan faktor-faktor yang akan menghambat pengecatan epoxy lantai anti static.

  • Pengawasan

Setelah persiapan selesai, pengecatan epoxy bisa langsung dilakukan. Tahapan ini perlu diawasi dan dikontrol dengan baik. Hal ini dilakukan agar pengaplikasian anti static epoxy flooring bisa terlaksana sesuai keinginan. Selain itu, pengawasan juga dilakukan agar bahan anti static benar-benar pas.

Cara Memilih Epoxy Lantai Anti Static yang Tepat

Kebutuhan area industri terhadap lantai anti static tentu beragam. Selain itu, hal ini juga tergantung penempatan dan biaya yang diperlukan. Pemilihan epoxy yang tepat sangat diperlukan untuk memaksimalkan fungsinya. Berikut cara-cara memilih epoxy lantai anti static yang tepat:

  • Tentukan range daya tahan electrostatic yang dibutuhkan, yaitu conductive range : 104 – 106 ohm atau dissipative range : 106 – 109 ohm.
  • Perkirakan berat yang akan ditanggung oleh lantai, apakah level light duty, medium duty, atau heavy duty.
  • Seberapa seringnya lalu lintas aktifitas yang berjalan di atas permukaan lantai, apakah termasuk normal atau sangat padat.
  • Tipe Cairan kimia apa yang biasanya akan mengenai permukaan lantai di area produksi/gudang.
  • Menentukan warna cat epoxy yang digunakan

Follow our social media
Need Help? Chat with us

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed