Cara Kerja Injeksi Epoxy dan Bagaimana Tahap Pengerjaannya?

Injeksi epoxy adalah proses memasukkan bahan epoksi ke dalam celah atau retakan pada beton atau batu untuk memperbaiki atau memperkuat struktur tersebut. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan atau kelemahan pada beton atau batu, sehingga dapat memperpanjang usia bangunan atau infrastruktur.

lantai pabrik hancur

Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara kerja injeksi epoxy.

  1. Persiapan Permukaan Langkah pertama dalam proses injeksi epoxy adalah mempersiapkan permukaan yang akan diinjeksi. Permukaan harus bersih dari kotoran, minyak, atau bahan penghalang lainnya. Ini dapat dilakukan dengan membersihkan permukaan dengan air dan deterjen atau dengan menggunakan alat pembersih bertekanan tinggi.

Setelah permukaan dibersihkan, perlu dilakukan pengeringan yang baik. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan blower atau pengering udara. Pastikan permukaan kering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Pemasangan Port Injeksi Setelah permukaan siap, langkah selanjutnya adalah memasang port injeksi. Port ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam dan dirancang untuk menahan tekanan dari bahan injeksi.

Port injeksi harus dipasang dengan rapat pada permukaan yang akan diinjeksi. Pastikan port ditempatkan secara merata dan pada jarak yang sesuai dengan jarak antara retakan atau celah pada permukaan.

  1. Persiapan Epoxy Setelah port dipasang, siapkan bahan epoksi yang akan digunakan untuk injeksi. Bahan epoksi terdiri dari resin dan hardener, yang harus dicampurkan secara merata sebelum digunakan.

Pastikan untuk membaca petunjuk dan mengikuti rasio pencampuran yang dianjurkan oleh produsen epoksi. Gunakan wadah dan alat pencampur yang bersih dan kering.

  1. Proses Injeksi Setelah bahan epoksi siap, proses injeksi dapat dimulai. Proses ini dimulai dengan memasukkan bahan epoksi ke dalam port injeksi dengan menggunakan pompa injeksi.

Pastikan tekanan pada pompa injeksi sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh produsen. Injeksi harus dimulai dari port injeksi paling bawah dan bergerak naik secara bertahap ke atas.

Setelah semua port terisi dengan epoksi, biarkan epoksi mengeras selama beberapa waktu sesuai dengan petunjuk produsen sebelum membuang port injeksi.

  1. Selesai Setelah proses injeksi selesai dan epoksi telah mengeras, port injeksi dapat dihapus dari permukaan. Lubang port yang tersisa dapat diisi dengan epoksi atau di segel dengan bahan penutup.

Cara kerja injeksi epoxy sangat efektif dalam memperbaiki kerusakan atau kelemahan pada beton atau batu. Bahan epoksi yang terinjeksi akan mengisi celah atau retakan, mengisi kekosongan, dan membentuk ikatan yang kuat dengan permukaan beton atau batu.

Follow our social media
Recent Posts
Need Help? Chat with us

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed