Ini Cara Memilih Pelumas dengan Kekentalan yang Tepat

Ini Cara Memilih Pelumas dengan Kekentalan yang Tepat

Industri merupakan persoalan yang kompleks karena mencakup sangat banyak komponen di dalamnya. Salah satunya yaitu mesin pabrik. Mesin-mesin yang bekerja terus menerus ini sangat penting dalam proses produksi. Oleh karena itu, perlu dirawat secara berkala untuk menjaga ketahanannya. Salah satu cara merawat mesin yaitu dengan memberikan pelumas.

Pelumas berfungsi untuk meminimalisasi gesekan yang terjadi antara dua komponen mesin. Selain itu, ia juga dapat menghantarkan panas agar suhu tetap optimal. Fungsi mendasar lainnya meliputi melindungi mesin dari keausan dan mencegah korosi. Semua fungsi ini akan membantu mengurangi biaya perbaikan dan meningkatkan produktivitas mesin.

Pelumas industri terdiri dari banyak jenis untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Salah satu faktor terpenting dalam pemilihan pelumas yaitu tingkat kekentalan atau viskositasnya.

Mengapa ini penting? Indeks viskositas merupakan indikator perubahan kekentalan pada pelumas saat suhu berganti. Pelumas dengan indeks yang tinggi lebih stabil kekentalannya pada suhu tinggi. Ia juga bekerja lebih efektif dalam berbagai suhu. Pelumas dapat dikelompokkan berdasarkan nilai viskositasnya. Lalu, bagaimana cara memilih pelumas dengan viskositas yang tepat untuk mesin Anda?

Untuk pelumasan dengan hasil terbaik, ketahui suhu pengoperasian oli pada mesin. Mesin yang olinya beroperasi pada suhu tinggi membutuhkan viskositas yang lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya, mesin yang olinya beroperasi pada suhu rendah membutuhkan viskositas yang lebih rendah. Faktor lain yang dapat berpengaruh meliputi kecepatan mesin, beban yang ditanggung, desain, dan metode pengaplikasian. Selain itu, ketahui juga rekomendasi dari pabrikan mesin. Hal ini untuk mendukung umur mesin yang dirancang pabrik. Tingkat viskositas direkomendasikan berdasarkan suhu lingkungan dan suhu saat mesin baru dihidupkan.

Apa yang terjadi saat viskositas oli tidak tepat untuk mesin? Saat terlalu tinggi, suhu oli akan menjadi terlalu tinggi. Sebaliknya, saat terlalu rendah, gesekan antara kedua komponen mesin akan menjadi terlalu intens. Oli dengan viskositas yang tepat akan berfungsi optimal untuk mengurangi gesekan dan keausan.

Ezzer Green Oil merupakan serangkaian produk pelumas mesin industri yang dibuat dengan green technology dan base oil berkualitas tinggi. Didukung oleh teknologi canggih dan SDM yang berkompetensi di bidangnya. Selain mengedepankan kualitas dalam setiap produknya, Ezzer Green Oil juga senantiasa mempertimbangkan sustainability dalam proses produksi.

Untuk industri makanan, Stella Food Grade Lubricants kini hadir di Indonesia. Pelumas ini dibuat khusus untuk produksi dan pengolahan makanan. Ia tidak berwarna, berbau, berasa, dan bersifat non-toxic. Pelumas Stella memiliki sertifikasi NSF H1 dan halal sehingga aman meskipun terjadi kontak dengan makanan.

Untuk mengetahui lebih lanjut atau melakukan pemesanan, silakan menghubungi WhatsApp 0813-8866-2010 atau 0813-5900-2019 (text only).

Leave a Reply

Close Menu