Apa Bedanya Epoxy Solvent Based dan Water Based?

Epoxy adalah bahan yang populer digunakan untuk lantai, dinding, dan permukaan lainnya. Ada dua jenis utama epoxy yang tersedia, yaitu epoxy solvent based dan water based. Kedua jenis epoxy ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas perbedaan antara epoxy solvent based dan water based.

  1. Komposisi Bahan Epoxy solvent based terdiri dari campuran resin dan hardener yang dilarutkan dalam pelarut organik seperti toluene atau xylene. Sementara itu, epoxy water based terdiri dari campuran resin dan hardener yang dilarutkan dalam air.
  2. Keamanan Epoxy solvent based berbahaya untuk kesehatan manusia dan lingkungan karena mengandung bahan-bahan kimia beracun. Pelarut organik yang digunakan dalam epoxy solvent based dapat menguap dan mencemari udara dalam ruangan. Epoxy water based lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia beracun dan tidak memerlukan penggunaan pelarut organik.
  3. Aplikasi Epoxy solvent based lebih tahan terhadap abrasi dan bahan kimia, sehingga cocok untuk digunakan pada permukaan yang sering terkena goresan atau bahan kimia seperti pada industri atau gudang. Namun, aplikasinya membutuhkan ventilasi yang baik dan pelarut organik yang lebih berbahaya untuk kesehatan manusia. Epoxy water based lebih cocok untuk aplikasi dalam ruangan seperti pada ruang tamu atau kantor. Aplikasinya lebih mudah karena tidak memerlukan ventilasi yang baik.
  4. Waktu Kering Epoxy solvent based memerlukan waktu kering yang lebih lama dibandingkan dengan epoxy water based. Epoxy solvent based biasanya memerlukan waktu kering selama 24 jam atau lebih, sedangkan epoxy water based hanya memerlukan waktu kering selama beberapa jam.
  5. Daya Tahan Epoxy solvent based lebih tahan terhadap cuaca, cahaya matahari, dan air. Hal ini membuatnya cocok digunakan pada permukaan yang sering terkena cuaca seperti pada garasi atau outdoor. Sementara itu, epoxy water based kurang tahan terhadap cuaca, cahaya matahari, dan air. Namun, epoxy water based lebih tahan terhadap goresan dan benturan.

Kesimpulannya, epoxy solvent based dan water based memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Pemilihan jenis epoxy yang tepat harus mempertimbangkan faktor aplikasi, lingkungan, dan keamanan. Epoxy solvent based cocok digunakan pada permukaan yang sering terkena goresan dan bahan kimia, sementara epoxy water based lebih cocok digunakan pada ruangan seperti pada ruang tamu atau kantor.

Follow our social media
Recent Posts
Need Help? Chat with us

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed