Jam Kerja

Senin sampai jumat, jam 06.00 — 21.00

Alamat

Jl. Bambu Kuning Kav.23A, Bekasi Timur, 17114 Indonesia

Kontak dan Informasi

(021) 82435888

Apa itu Epoxy Primer? Simak Yuk Penjelasan Lengkapnya!

Epoxy Primer dikenal sebagai sealer atau pelapis yang mempunyai karakteristik tidak berpori. Epoxy primer sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai lapisan dasar pada logam untuk selanjutnya dilapisi oleh bahan epoxy yang lain. Epoksi primer atau yang biasa disebut lapisan dasar juga dapat diaplikasikan pada fiberglass dan plastik.

Pengaplikasian epoxy primer

Epoxy primer banyak digunakan di berbagai macam material karena memiliki daya rekat yang kuat, kemampuan mekanik yang baik, dan memiliki daya tahan terhadap bahan kimia pada waktu yang lama, epoxy primer juga memiliki ketahanan terhadap lingkungan basah dan area yang memiliki kelembaban tinggi. Epoxy primer juga mampu untuk menahan korosi terkait dengan ketebalannya, semakin tebal lapisan epoxy primer, maka semakin baik perlindungannya.

Epoxy primer juga dapat digunakan pada retakan atau permukaan yang tidak rata. Daya rekat yang dimiliki sangat baik dan menghasilkan hasil akhir yang sempurna. Epoxy primer tidak hanya memberikan daya rekat yang sangat baik pada logam, tetapi juga berfungsi sebagai lapisan dasar yang tepat untuk pelapis lapisan bawah ekstra dan cat lapisan atas. Epoxy primer juga biasa digunakan untuk melapisi kaleng dan wadah logam, terutama material-material yang digunakan untuk menampung makanan asam, seperti tomat.

Epoxy terdiri dari rantai karbon yang terkait dengan unsur-unsur lain seperti hidrogen, nitrogen atau oksigen, itulah sebabnya epoxy dapat diklasifikasikan sebagai senyawa organik. Rantai karbon ini terjadi melalui ikatan kovalen, di mana unsur-unsur saling berbagi antar elektron.

Epoxy sendiri memiliki artian yang luas dan kadang-kadang dapat merujuk pada kelompok fungsional epoksida, yang terdiri dari atom karbon dan oksigen dalam prosesnya. Mengingat fakta bahwa gugus fungsi merupakan faktor penentu karakteristik utama molekul selama reaksi kimia, molekul yang mengandung gugus fungsi epoksida bereaksi secara kimia untuk membuat bahan yang kaku, namun fleksibel.

Penjelasan Lengkap Epoxy Primer Dari Ezzer

Epoxy primer adalah sealer atau pelapis yang dapat menghasilkan hasil permukaan akhir yang baik pada lapisan yang diaplikasikan. Epoxy primer memiliki dua bagian yang mengandung zinc phosphate, zinc phosphate bertindak sebagai pigmen penghambat korosi yang baik. Epoxy primer biasa digunakan untuk bahan pelapis tahan air yang fungsinya melindungi material logam dari oksidasi. Untuk mengaplikasikan epoxy primer, permukaan yang diaplikasikan harus kering dan bersih dari kotoran, karena jika tidak bersih dan masih ada sisa-sisa bekas retakan maka akan mengakibatkan lapisan berlubang atau gompal.