Apakah Lantai Keramik Bisa Diepoxy?

Lantai keramik adalah salah satu jenis lantai yang populer dan banyak digunakan. Lantai ini terbuat dari bahan keramik yang terkenal tahan lama dan mudah dibersihkan. Namun, meskipun tahan lama, lantai keramik juga memiliki kekurangan seperti kecenderungan retak dan sulit dibersihkan jika noda menempel di celah-celahnya. Untuk mengatasi kekurangan ini, beberapa orang mempertimbangkan untuk menambahkan lapisan epoxy pada lantai keramik mereka. Namun, apakah lantai keramik bisa diepoxy?

Jawabannya adalah, ya, lantai keramik bisa diepoxy. Epoxy dapat menambahkan lapisan pelindung pada lantai keramik dan memberikan tampilan yang lebih estetis. Namun, perlu diketahui bahwa proses pemasangan epoxy pada lantai keramik memerlukan persiapan yang matang agar hasilnya maksimal. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pemasangan epoxy pada lantai keramik adalah sebagai berikut:

  1. Surface preparation

Sebelum melakukan pemasangan epoxy pada lantai keramik, perlu dilakukan surface preparation terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa permukaan lantai keramik benar-benar bersih dan rata. Permukaan lantai keramik yang tidak rata atau kotor dapat membuat hasil pemasangan epoxy menjadi kurang maksimal.

  1. Jenis epoxy yang digunakan

Pilihlah jenis epoxy yang cocok untuk lantai keramik. Epoxy untuk lantai keramik biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang berbeda dengan epoxy untuk lantai beton atau kayu. Hal ini dikarenakan lantai keramik memiliki karakteristik yang berbeda dengan lantai lainnya. Jika memilih jenis epoxy yang salah, hasil pemasangan dapat menjadi buruk dan tidak tahan lama.

  1. Penanganan retakan

Jika ada retakan pada lantai keramik, perlu ditangani dengan benar sebelum dilakukan pemasangan epoxy. Retakan pada lantai keramik dapat memperburuk kondisi lantai jika tidak ditangani dengan benar. Retakan yang dibiarkan dapat mempengaruhi hasil pemasangan epoxy dan membuatnya menjadi kurang maksimal.

  1. Penanganan noda dan kotoran

Sebelum dilakukan pemasangan epoxy, pastikan lantai keramik benar-benar bersih dan bebas dari noda dan kotoran. Jika ada noda atau kotoran yang tertinggal pada lantai keramik, dapat membuat hasil pemasangan menjadi kurang maksimal dan tidak tahan lama.

Follow our social media
Recent Posts
Need Help? Chat with us

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed