Jam Kerja

Senin sampai jumat, jam 06.00 — 21.00

Alamat

Jl. Bambu Kuning Kav.23A, Bekasi Timur, 17114 Indonesia

Kontak dan Informasi

(021) 82435888

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Agar Epoxy Kering?

Epoxy lantai sering dijadikan pilihan utama dalam dunia industri karena memiliki daya tahan yang tinggi dan perawatannya yang mudah. Tapi banyak diantara mereka yang ingin menggunakan epoxy lantai akan bertanya-tanya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar epoxy kering?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar epoxy kering?

Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar epoxy lantai mengering? waktu pengeringan epoxy tergantung dari jenis epoxy apa yang kita aplikasikan dan suhu temperatur ruangan area pengecetan epoxy lantai. Umumnya, epoxy membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 24 jam untuk mengering dan bisa diinjak oleh orang. Hal yang terpenting adalah pengeringan akan belum sempurna apabila cat epoxy yang diaplikasikan belum mengeras. Maka dari itu, jika mulai sekarang anda ingin menggunakan/mengaplikasikan epoxy lantai maka pertimbangkan hal-hal penting tersebut.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Agar Epoxy Kering?

Untuk hasil rekat yang sempurna, memerlukan waktu 72 jam. Anda bisa mulai memindahkan barang-barang Anda kembali ke tempat semula kira-kira 24 jam setelah aplikasi akhir (top coat) telah dikerjakan.

Apakah Ada Cara Untuk Mempercepat Pengeringan Epoxy Lantai?

Menggunakan epoxy lantai akan terasa lebih mudah apabila anda mengikuti beberapa langkah yang dianjurkan, namun apabila anda ingin mempercepat waktu pengaplikasian epoxy lantai maka bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Bersihkan Permukaan Lantai Yang Akan Diepoxy

Sebelum melakukan pengecetan epoxy lantai, maka bersihkan terlebih dahulu permukaan yang akan diepoxy dari debu atau serpihan-serpihan lantai yang rusak, membersihkan permukaan lantai yang ingin diaplikasikan epoxy akan menghasilkan hasil akhir yang maksimal.

Pastikan Bahan yang Digunakan Tercampur Dengan Baik

Saat anda mencampur bahan epoxy yang digunakan, pastikan bahan yang digunakan tercampur dengan baik dan tidak menggumpal. Jika terdapat gumpalan atau campuran yang tidak rata maka hal ini mengakibatkan bahan epoxy tidak akan mengering dengan cepat.

Gunakan Lapisan Dasar Epoxy yang Tipis

Mengaplikasikan epoxy lantai menggunakan lapisan dasar yang tipis akan mempercepat pengeringan lebih baik. Namun, jika Anda menggunakan terlalu banyak bahan epoxy yang digunakan, maka epoxy tidak akan memiliki cukup waktu untuk mengeras dengan benar dan bahkan bisa mudah retak atau terkelupas.

Naikan Suhu Ruangan

Jika anda menginginkan waktu pengeringan yang lebih cepat lagi, anda bisa menaikkan suhu ruangan pada area pengaplikasian epoxy lantai. Suhu yang dianjurkan adalah berkisar antara 24 hingga 30 derajat Celcius.

Namun jika tempat/area yang diaplikasikan adalah area yang memiliki suhu yang rendah, maka pasang alat penghangat ruangan atau lampu yang bisa menaikan sedikit suhu ruangan.