Apa itu Epoxy Primer? Simak Yuk Penjelasan Lengkapnya!

Epoxy Primer dikenal sebagai sealer atau pelapis yang mempunyai karakteristik tidak berpori. Epoxy primer sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai lapisan dasar pada logam untuk selanjutnya dilapisi oleh bahan epoxy yang lain. Epoksi primer atau yang biasa disebut lapisan dasar juga dapat diaplikasikan pada fiberglass dan plastik.

Pengaplikasian epoxy primer

Epoxy primer banyak digunakan di berbagai macam material karena memiliki daya rekat yang kuat, kemampuan mekanik yang baik, dan memiliki daya tahan terhadap bahan kimia pada waktu yang lama, epoxy primer juga memiliki ketahanan terhadap lingkungan basah dan area yang memiliki kelembaban tinggi. Epoxy primer juga mampu untuk menahan korosi terkait dengan ketebalannya, semakin tebal lapisan epoxy primer, maka semakin baik perlindungannya.

Epoxy primer juga dapat digunakan pada retakan atau permukaan yang tidak rata. Daya rekat yang dimiliki sangat baik dan menghasilkan hasil akhir yang sempurna. Epoxy primer tidak hanya memberikan daya rekat yang sangat baik pada logam, tetapi juga berfungsi sebagai lapisan dasar yang tepat untuk pelapis lapisan bawah ekstra dan cat lapisan atas. Epoxy primer juga biasa digunakan untuk melapisi kaleng dan wadah logam, terutama material-material yang digunakan untuk menampung makanan asam, seperti tomat.

Epoxy terdiri dari rantai karbon yang terkait dengan unsur-unsur lain seperti hidrogen, nitrogen atau oksigen, itulah sebabnya epoxy dapat diklasifikasikan sebagai senyawa organik. Rantai karbon ini terjadi melalui ikatan kovalen, di mana unsur-unsur saling berbagi antar elektron.

Epoxy sendiri memiliki artian yang luas dan kadang-kadang dapat merujuk pada kelompok fungsional epoksida, yang terdiri dari atom karbon dan oksigen dalam prosesnya. Mengingat fakta bahwa gugus fungsi merupakan faktor penentu karakteristik utama molekul selama reaksi kimia, molekul yang mengandung gugus fungsi epoksida bereaksi secara kimia untuk membuat bahan yang kaku, namun fleksibel.

Penjelasan Lengkap Epoxy Primer Dari Ezzer

Epoxy primer adalah sealer atau pelapis yang dapat menghasilkan hasil permukaan akhir yang baik pada lapisan yang diaplikasikan. Epoxy primer memiliki dua bagian yang mengandung zinc phosphate, zinc phosphate bertindak sebagai pigmen penghambat korosi yang baik. Epoxy primer biasa digunakan untuk bahan pelapis tahan air yang fungsinya melindungi material logam dari oksidasi. Untuk mengaplikasikan epoxy primer, permukaan yang diaplikasikan harus kering dan bersih dari kotoran, karena jika tidak bersih dan masih ada sisa-sisa bekas retakan maka akan mengakibatkan lapisan berlubang atau gompal.

Pengaplikasian epoxy primer

Epoxy primer juga mengacu pada epoxy resin yang biasanya dihasilkan setelah pengawetan atau pengeringan, pengawetan atau pengeringan adalah peristiwa dimana proses kimia dari suatu bahan mengeras karena paparan udara, panas, atau bahan kimia tambahan. Perbaikan terjadi dengan bantuan katalis dalam epoxy, yang bekerja sebagai zat aditif kimia yang dapat meningkatkan laju reaksi kimia. hasil yang diciptakan adalah reaksi eksotermik, yang dapat menciptakan ikatan silang dalam polimer. Hubungan silang yang dihasilkan dari proses ini terbukti bertanggung jawab atas kekakuan dan kekuatan yang terlihat pada bahan epoxy.

Dikarenakan bahan epoxy dalam industri otomotif (Baca Juga: Seberapa Penting Epoxy Lantai Pada Industri) dan kelautan sangat penting untuk menahan korosi (karat), Epoxy coating banyak digunakan sebagai lapisan utama untuk meningkatkan daya rekat permukaan logam. Epoxy primer juga digunakan dalam pelapis logam struktural untuk menjaga ketebalan lapisan pada bangunan tinggi dengan aplikasi hanya satu atau dua lapis saja.

Epoxy primer memiliki dua bagian yang dikenal sebagai lapisan utama baja struktural. Dibutuhkan dua komponen yang disembuhkan secara kimia melalui cross-linking. Dua bagian epoxy primer ini menghasilkan lapisan yang tahan terhadap abrasi, bahan kimia, dan kelembapan. Sangat cocok untuk digunakan pada baja dan beton yang sudah dipersiapkan dengan benar. Epoxy primer ini juga direkomendasikan untuk industri pembangkit listrik, aplikasi kelautan, instalasi pengolahan air, dan lapisan eksterior tangki. Lapisan filler dapat diterapkan langsung di atas lapisan epoxy primer dan terapkan lebih banyak epoxy yang diaplikasikan di atas filler untuk hasil akhir yang sempurna. Hasil yang sempurna akan membuat lapisan epoxy yang kuat dan tahan lama dari sebelumnya.

Follow our social media
Recent Posts
Need Help? Chat with us

Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Aenean lacinia bibendum nulla sed